Rabu, 30 Januari 2008

Di Bukit Butoh Sorowako

Ditulis di Salonsa pada, 22 Juli 2007
Untuk tujuan wisata masyarakat Sorowako lebih memilih dan mengenal tempat-tempat permandian pada beberapa tempat di Danau Matano seperti Pantai Kupu-kupu (Salonsa), Yatch Club (Salonsa), Pantai Ide (Pontada) dan Pantai Impian (Old Camp). Selain bersih dan terawat tempat-tempat tersebut terbuka untuk umum dan masyarakat Sorowako dan sekitarnya dapat menikmati keindahan Danau Matano yang konon kabarnya dasarnya berada di bawah permukaan laut itu tanpa di pungut biaya alias gratis. Selain itu sebenarnya ada satu tempat menarik untuk di kunjungi apabila anda berada di sorowako. Letaknya berada di belakang Nursery PT-INCO. Kawasan ini memang sengaja di buat sedemikian rupa sehingga sangat cocok di gunakan untuk untuk kegiatan- kegiatan alam bebas seperti berkemah, bersepeda gunung, joging atupun sekedar berjalan-jalan santai. Kawasan ini berada dalam kawasan pertambangan telah dimanfaatkan oleh PT.INCO. dan telah di tata dan di hijaukan kembali menyerupai bentuk asli alaminya. Pertama kali mengunjung tempat ini anda akan di suguhkan dengan sensasi petualangan yang mendebarkan. Hal itupun saya rasakan ketika pertama kali melakukan perjalan di tempat ini. Selama dalam perjalanan di samping kita bisa melihat pemandangan yang memukau, kita akan juga menjumpai aneka tanaman yang sengaja di tanam di sepanjang track lintasan yang beberapa diantaranya merupakan hasil pembibitan Nursery PT.INCO. Track khusus yang di tata apik namun tampak alami menghadirkan sensasi petualangan dan rasa penasaran yang tinggi jika anda berada disini. Desain jalur track di peruntukkan dengan tingkat kesulitan untuk menengah kebawah ini memiliki lebar setapak 1.5 Meter dengan panjangnya kira-kira 5 km. Dengan berjalan biasa, bisa di tempuh selama sekitar 1 jam. Anda tidak perlu takut akan nyasar di hutan, kecuali kalau keluar dari jalur yang telah tersedia. Karena sudah di siapkan beberapa pos pemberhentian lengkap dengan peta lokasi yang menginformasikan posisi anda bediri saat ini serta berapa jarak yang tersisa untuk dapat sampai hingga ke puncak bukit.

Track khusus yang di tata apik namun tampak alami menghadirkan sensasi petualangan dan rasa penasaran yang tinggi jika anda berada disini.

Beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan dari atas bukit

Untuk menuju ke puncak bukit Butoh ada dua jalur yang bisa anda pilih, terserah yang mana yang menurut anda cocok sesuai dengan maksud anda, kenapa saya berkata demikian? Karena kalau anda ingin cepat sampai ke puncak sebaiknya langsung mengambil alternatif-1 dari Tapulemo di Pos-5. dari sini anda akan cepat campai ke puncak. Berbeda jika misalnya anda ingin kepuncak sambil berolah raga serta menikmati pemandangan serta tanaman-tanaman dari hasil pembibitan di Nursery sebaiknya memilih jalur alternatif ke-2 masuk lewat pintu melewati security pos di TAS office. Dari sini anda akan di arahkan menuju track awal Pos-1. Puncak bukit Butohnya sendiri berada di Pos-4. Tempat semacam ini memang sudah banyak di jumpai di tempat lain di sulawesi selatan, seperti misalnya di dekat lokasi Pabrik Semen Tonasa terdapat tempat wisata sejenis yang bernama tangga seribu tepatnya di desa Sumpangbita Kabupaten Pangkep atau lokasi permandian alam Malino Kabupaten Gowa. Tapi yang terdapat di Sorowako Kabupaten Luwu Timur berbeda, tempatnya memang agak tertutup sehingga sebahagian besar warganya umum belum banyak yang mengetahui dan pernah ke tempat ini. Padahal tempat ini sangat dekat dari desa Sorowako. Untuk ketempat inipun tidak diperlukan ticket masuk seperti yang biasa kita jumpai di tempat-tempat wisata yang telah ada.

Asyiknya ritual bakar batu..eh..maaf maksudnya bakar jagung di puncak Butoh Hill. Kipas...kipas... kipas terus.....he..he..he...

Mau berwisata sambil berolah raga? Saya rekomendasikan sekali-sekali mencoba tempat ini. Di jamin puas, apalagi jika sudah berada di puncak bukit, saya yakin rasa capek pasti akan terlupakan jika sudah diatas dan pastinya anda akan menyesal sekali jika kesana tanpa membawa Kamera untuk mengabadikan pemandangan indah kota Sorowako dari atas bukit.

Pemandangan indah dari puncak bukit seakan membayar semua usaha keras anda setelah tiba di puncak bukit